Pembuktian Gerbag Not Dengan Menggunakan IC 7404

Laporan Praktikum Fisika Listik

Pembuktian Gerbang Not Dengan Menggunakan IC 7404




Disusun Oleh :

Fahrizal (1830511035)
Difki Andrian M (1830511121)
Muhammad Alfansa Y (1830511110)



Alamat :Jl. R. Syamsudin, SH. No. 50 Kota Sukabumi Jawa Barat Indonesia 43113
Telp.(0266)218345/ Fax.(0266)218342
Email sekretariat : info@ummi.ac.id


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lupa junjungan kita Nabi besar Muhammad saw, karena dengan Rahmat, Karunia, serta Taufiq dan Hidayah – Nya kami dapat menyelesaikan hasil laporan yang kami buat ini dengan sebaik mungkin dan lancar yang berjudul Praktikum Fisika Listrik II , meskipun masih banyak kekurangan dalam segi bahasa dan kalimat di dalamnya. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Asriyanik, M.T selaku Dosen pembimbing kami pada mata kuliah Fisika Listrik di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, yang telah memberikan tugas praktikum Fisika Listrik II ini kepada kami.

Semoga laporan yang tersusun ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun orang lain yang telah membacanya. Namun, sebelumnya kami mengucapkan mohon maaf  yang sebesar – besar nya apabila ada kesalahan dalam segi bahasa ataupun kalimat yang kurang berkenan di hati pembaca sekalian karena kami masih dalam proses belajar. Maka dari itu, kami berharap adanya kritik, saran, dan usulan dari pembaca, demi memperbaiki laporan yang telah kami buat di lain waktu yang akan datang. Mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa adanya kritik dan saran yang membangun.




Sukabumi, 25 Desember 2018



Penyusun




ALAT DAN BAHAN

Alat dan Bahan :
Bahan :
1 buah Project Bredboard
1 buah IC 7404
5 buah kabel Jumper male
1 buah lampu LED

Alat :
1 buah Adaptor
1 buah Avometer Analog



Hasil Dan Pembahasan

Adaptor

   Sebuah rangkaian yang berguna untuk mengubah tegangan AC yang tinggi menjadi DC yang rendah. Adaptor merupakan sebuah alternatif pengganti dari tegangan DC (seperti ; baretai, aki) karena penggunaan tegangan AC lebih lama dan setiap orang dapat menggunakannya asalkan ada aliran listrik di tempat tersebut.
Adaptor juga banyak di gunakan dalam alat sebagai catu daya, layaknya amplifier, radio, pesawat televisi mini dan perangkat elektronik lainnya.
Avometer Analog
  Sebuah alat ukur listrik multifungsi yang bisa digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan resistansi baik komponen elektronika atau lainnya. AVO itu sendiri merupakan singkatan dari Ampere (arus listrik), dan Volt (tegangan listrik) baik AC, DC, maupun Ohm (resistansi/hambatan). Salah satu fungsinya untuk mengukur resistansi resistor.
Project Breadboard
  Breadboard adalah yang selalu digunakan untuk membuat rangkaian elektronik (seperti papan). sementara dengan tujuan uji coba atau prototipe tanpa harus menyolder. Breadboard yang tersedia di pasaran umumnya terbagi atas 3 ukuran yaitu mini breadboard, medium breadboard, dan large breadboard.

IC (Integrated Circuit) 7404
   Suatu komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan, bahkan jutaan transistor, dioda, resistor, dan kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.



Kabel Jumper male
   Suatu connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Dan juga digunakan untuk melakukan setting pada breadboard

Lampu LED (Light Emitting Diode)
 Suatu komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED merupakan keluarga Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor.



 Skema Rangkaian

Langkah – langkah :
  1. Siapkan IC 7404, Project Breadboard, Kabel Male Jumper (5), dan Lampu LED
  2. Masukan IC 7404 ke Project Breadboard 
  3. Masukan Mele Jumper ke muatan (+)Positif no. 14
  4. Masukan Mele Jumper ke muatan (–)negatif no. 1 dan yang ujung satunya lagi tidak dimasukan karena untuk arus –Negatif
  5. Masukan Mele Jumper pada no 7 Positif dan pada Negatif
  6. Masukan Mele Jumper pada no. 1 Positif dan yang satunya lagi tidak dimasukan karena untuk arus Positif
  7. Masukan Lampu LED pada arus no. 2 Positif dan pada arus no. 2 negatif di sejajarkan (harus sejajar) 
  8. Selanjutnya cek dengan Avometer (Male Jumper Positif dengan Avometer Positif dan Male jumper Negatif dengan Avometer Negatif) 
  9. Apabila sudah di cak maka langkah selanjutnya adalah siapkan Adaptor untuk proses pengecekan lampu apakah lampu menyala atau tidak 
  10. Proses nyala Lampu LED adalah Adaptor yang bermuatan Positif di satukan dengan Kabel Male Jumper yang memiliki arus Positif dan Adaptor yang bermuatan Negatif di satukan dengan Kabel Male Jumper yang memiliki arus Negatif dan menghasilkan lampu menyala. 


KESIMPULAN

Dari hasil praktikum yang telah kami lakukan bahwa kami mendapatkan hasil kesimpulan yang dapat kami sesuaikan dengan teori yang kami pelajari di Universitas muhammadiyah sukabumi, pada saat proses dilakukannya menggabungkan IC dengan Project Breadboard  dan pengecekan kabel male Jumper dengan menggunakan Avometer Analog hingga proses terakhir lampu LED menyala.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer